Alasan Lambung Kapal Dicat Merah

Alasan Lambung Kapal Dicat Merah

Daftar Isi

Alasan Lambung Kapal Dicat MerahWalaupun kapal terbuat dari besi yang berat dan memiliki ukuran yang sangat besar, namun tidak tenggelam di air. Hal ini ternyata dikarenakan oleh massa jenis air dan kapal yang berbeda.

Kenapa Bagian Lambung Kapal Dicat Berwarna Merah ?

Kenyataanya tidak seluruh bagian kapal merupakan besi padat, melainkan banyak ruang kosong dan salah satunya lambung kapal, meskipun kapal memiliki ukuran besar. Lambung kapal menjadi bagian yang penting pada kapal dan terletak di bagian dasar kapal.

Alasan Lambung Kapal Dicat Merah

Lambung kapal juga memiliki fungsi untuk membantu kapal agar dapat terapung dan tidak tenggelam di air. Selain fungsi tersebut, lambung kapal juga mempunyai hal menarik lain. Jika kita perhatikan secara seksama, ternyata bagian dasar kapal selalu berwarna atau dicat merah di bagian luarnya. Lalu, apa tujuan dari warna merah yang dipilih untuk cat bagian luar dasar kapal tersebut ?

Warna Merah untuk Cat Anti Korosi pada Besi

Kapal yang terbuat dari besi dan berada di air terus menerus pasti akan rentan terhadap karat. Cara agar dapat menghindari karat pada kapal adalah bagian lambung kapal yang selalu berada di air dilapisi dengan cat anti korosi yang bisa mencegah karat pada kapal. 

Kebanyakan cat anti korosi ini berwarna merah, hal ini dikarenakan menggunakan cat tembaga yang warna dasarnya merah, sehingga tidak ada warna lain yang bisa digunakan saat itu.

Cat Diberi Campuran untuk Mencegah Menempelnya Hewan Laut di Bagian Dasar Kapal

Cat yang dipakai untuk melapisi dasar kapal atau bagian lambung juga diberikan campuran biosida. Campuran biosida ini juga yang membuat cat menjadi berwarna merah. Akan tetapi kenapa cat untuk bagian dasar kapal diberikan campuran biosida ? Ternyata biosida sendiri adalah suatu zat kimia yang berfungsi sebagai racun untuk semua makhluk hidup.

Dengan dicampurnya biosida ini juga memiliki tujuan yaitu untuk mencegah menempelnya hewan laut seperti cacing laut maupun teritip di bagian dasar kapal atau bagian lambung kapal. Menempelnya hewan-hewan tersebut di luar bagian dasar kapal dapat menyebabkan rusaknya lambung kapal menjadi berlubang sehingga air bisa masuk ke dalam kapal.

Warna Merah di Dasar Kapal Membantu Mengetahui Muatan Kapal 

Fungsi lain dari penggunaan warna merah pada bagian dasar kapal juga untuk membantu pemilik kapal mengetahui muatan kapal. Hal ini penting untuk dilakukan, karena kalau kapal kelebihan muatan, maka kapal bisa tenggelam. 

Kemudian pada sisi kapal juga terdapat angka-angka yang dipakai untuk menunjukkan seberapa dalam kapal berada di air. Dengan warna merah yang dipakai tersebut, dapat membuat kru kapal dengan mudah melihat berapa tinggi air yang ada di sekitar air. Hal inilah yang membuat adanya angka-angka yang diletakkan secara vertikal di sisi luar lambung kapal.

Cat Warna Merah Menjadi Ciri Khas dan Tradisi Kapal

Warna merah pada bagian dasar kapal saat ini sudah menjadi ciri khas kapal karena sudah digunakan sejak dulu. Selain itu, kapal dengan bagian dasar berwarna merah juga menjadi tradisi kapal laut yang dipakai. Padahal dengan berkembangnya teknologi saat ini, zat biosida yang juga mengandung tembaga sudah dapat dicampurkan dengan berbagai warna lain selain merah.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *