Negara Penghasil Teh Terbesar di Dunia

Negara Penghasil Teh Terbesar di Dunia

Daftar Isi

Negara Penghasil Teh Terbesar di Dunia – Berdasarkan sejarah, ternyata teh sudah ada sejak abad ke 16 ketika China pada masa Dinasti Shang berperan sebagai pelopor dari pemanfaatan teh yang ada di dunia, yang dimana teh pada saat itu dijadikan ramuan obat-obatan.

Negara Penghasil Teh Terbesar di Dunia

Lalu dengan berjalannya waktu, akhirnya teh menjadi populer di Inggris pada abad ke 17, sampai pada akhirnya  Inggris memperkenalkan teh kepada India  yang bertujuan untuk menyaingi monopoli perdagangan teh dari China. Berikut dibawah ini beberapa negara penghasil teh terbesar di dunia :

1. China

China merupakan negara yang dikenal sebagai pelopor dalam persebaran teh di dunia. Oleh karena itu, tidak heran jika china menduduki peringkat pertama menjadi negara dengan penghasil teh terbesar di dunia. Berdasarkan database dari FAO menyebutkan bahwa China dapat menghasilkan teh sekitar 2.473.443 ton per tahun. Yang dimana daerah penghasil teh yang ada di China meliputi daerah Yunnan, Provinsi Fujian, Hubei, Sichuan dan Provinsi Hunan. Selain itu, untuk varietas teh yang populer di tanam di negara Tirai Bambu tersebut terdiri dari teh hijau, teh oolong, teh putih, teh pu erh, teh kuning, dan teh melati.

2. India

Negara kedua yang berhasil dinobatkan sebagai negara penghasil teh terbesar di dunia yaitu India yang dapat menghasilkan sekitar 1.325.050 ton teh per tahunnya. Adapun daerah penghasil teh terbesar di India terdiri dari daerah Assam, Benggala Barat, Tamil Nadu, Kerala, dan Karnataka.

Selain itu, British East India Company juga mengkhususkan adanya sebuah lahan di wilayah Asia Timur agar penanaman tehnya lebih difokuskan. Ada banyak variasi teh yang ditanam di negara India seperti teh darjeeling, teh nilgiri, dan teh assam. Tidak hanya itu saja, namun India juga hebat karena 70% teh yang dihasilkan oleh India ternyata dikonsumsi juga oleh penduduknya.

3. Kenya

Kenya menjadi negara penghasil teh terbesar ketiga di dunia dengan dibekali total lahan sekitar 218.538 hektar. Hal menariknya yaitu bahwa ternyata Kenya tidak memiliki perkebunan teh yang luas, hanya dalam lahan pertanian kecil saja. Akan tetapi nyatanya Kenya mampu menjadi negara penghasil teh terbesar ketiga di dunia dengan hasil tehnya mencapai sekitar 439.857 ton per tahunnya.

4. Sri Lanka

Sri Lanka merupakan negara bagian Asia Selatan yang menjadi negara penghasil teh terbesar keempat di dunia. Terbukti bahwa setiap tahunnya negara Sri Lanka dapat memproduksi teh hingga 349.699 ton per tahun. Negara ini melakukan penanaman teh dengan cara atau metode kontur.

Adapun varietas teh yang dihasilkan oleh negara Sri Lanka ini terdiri dari ceylon black, ceylon green, dan ceylon white, yang dimana merek dagangnya telah disesuaikan dengan daerah penanaman itu sendiri. Selain itu, konsentrasi perkebunan teh di Sri Lanka terdapat di daerah Sabaragamuwa, Nuwara Eliya, Dimbula, Ruhuna, Uva, Uda Pussellawa, dan Kandi.

5. Turki

Di peringkat ke 5 turki menjadi negara penghasil teh terbesar di dunia yang berada di negara Timur Tengah. Negara Turki ini setiap tahunnya dapat menghasilkan teh hingga 234.000 ton. Namun ada hal menarik yang dimiliki oleh negara ini, yaitu bahwa pemerintah Turki memiliki aturan yang cukup ketat dalam menjaga hasil panen dan petani teh tersebut. Oleh karena itu apabila ada warga negaranya yang melakukan impor teh dari luar, maka akan dikenakan tarif yang besar, yaitu mencapai 145%. Adapun varietas teh yang ditanam di Turki terdiri dari teh hitam, teh turki, dan raze.

6. Indonesia

Indonesia yang dijuluki sebagai yang kaya akan hasil bumi dan kekayaan alamnya ternyata menjadi negara penghasil teh terbesar di urutan ke 6. Dari berbagai daerah penghasil teh di Indonesia baru mampu menghasilkan teh sekitar 139.362 ton per tahun. Sejak tahun 1700 an Indonesia sudah mengenal tanaman teh tersebut yang pertama kalinya dikenalkan oleh kolonial Belanda. Selain itu, Indonesia juga dikenal dalam menghasilkan varietas teh hitam dan teh hijau. Walaupun sebenarnya ada beberapa varietas teh yang tidak dikenal secara global.

7. Vietnam

Negara selanjutnya yang menjadi penghasil teh terbesar di dunia yaitu Vietnam yang dapat menghasilkan teh dalam kisaran 260.000 ton per tahun. Tidak hanya itu saja, Vietnam juga mempunyai lahan perkebunan teh yang terbilang cukup besar yaitu mencapai 123.188 hektar.

Tidak hanya itu saja, negara Vietnam juga memproduksi varietas teh bermacam – macam seperti teh hitam curl – curl yang ada sekitar 60%, lalu 35% lagi terdapat teh hijau, dan untuk 5% selanjutnya ada jenis teh lotus dan melati. Vietnya juga dikenal sebagai negara dengan produksi teh yang langka, sangat khusus dan terbatas seperti teh shan tuyet.

8. Myanmar

Myanmar merupakan salah satu negara di bagian Asia Tenggara yang menjadi penghasil teh terbesar di dunia, yang dimana setiap tahunnya dapat menghasilkan teh hingga 104.743 ton per tahunnya. Ternyata perkebunan teh yang ada di Myanmar cukup banyak ditemukan di negara yang terletak di bagian Shan yang secara langsung berbatasan dengan China. Kini teh yang berasal dari negara Myanmar menjadi semakin populer berkat adanya pertanian teh yang dilakukan secara organik.

9. Iran

Sejak tahun 1882 ternyata Iran sudah mengenal tentang teh yang didapatkan dari negara India. Negara Iran dapat memproduksi teh hingga mencapai 100.580 ton setiap tahunnya, oleh karena itu Iran dinobatkan menjadi salah satu negara penghasil teh terbesar di dunia. Lahan yang digunakan Iran untuk menanam daun teh memiliki luas sekitar 32 hektar dan dapat ditemukan di sekitar kawasan lereng perbukitan.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *