Alasan Kenapa Ujung Perahu dan Kapal Lancip

Alasan Kenapa Ujung Perahu dan Kapal Lancip

Daftar Isi

Alasan Kenapa Ujung Perahu dan Kapal Lancip – Pernahkah kalian memperhatikan, mengapa perahu dan kapal selalu berujung lancip?

bentuk kapal

Alasan Kenapa Ujung Perahu dan Kapal Lancip

Berikut beberapa alasan bentuk perahu atau kapal selalu lancip, antara lain :

  • Bentuk Terbaik Bagi Perahu

Diseluruh dunia hampir semua jenis perahu dan kapal memiliki ujung lancip. Seolah orang-orang di seluruh dunia setuju untuk membuat ujung perahu yang lancip ujungnya.

Padahal zaman dahulu tidak semua orang bisa menyampaikan informasi dengan mudah seperti sekarang. Hal tersebut diprediksi karena percobaan yang dilakukan di lingkungan mereka sehari-hari. Ujung yang lancip merupakan bentuk terbaik bagi perahu dan juga kapal.

  • Memecah Arus Air

Memiliki ujung lancip dapat berfungsi untuk memecah arus air sehingga dapat lebih mudah dilewati oleh perahu.
Bentuk lancip ini dapat mengurangi gesekan antara air dengan badan perahu. Perahu pun dapat meluncur lebih lurus serta cepat dengan menggunakan ujung yang lancip.

Kalian dapat membuktikannya dengan membuat kapal-kapalan kertas berujung lancip serta yang berbentuk kotak. Amatilah pergerakan kedua bentuk perahu saat digerakkan di air.

  • Indonesia, Negara yang Sebagian Besar Wilayahnya Laut

Sebagian besar permukaan Bumi tertutup oleh air, baik itu di laut ataupun sungai dan danau. Sebelum terdapat pesawat terbang, laut dan sungai merupakan jalan bagi manusia untuk berpindah tempat.

Tidak heran jika teknologi ini dikembangkan oleh manusia di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Sebagai sebuah negara yang sebagian besar wilayahnya laut, teknologi kapal dan perahu di negara Indonesia termasuk maju.

Bagikan artikel ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *