Bahaya Penggunaan Pestisida Berlebihan

Bahaya Penggunaan Pestisida Berlebihan

Daftar Isi

Bahaya Penggunaan Pestisida BerlebihanMengapa penggunaan pestisida yang berlebihan tidak boleh dilakukan oleh para petani? Simak artikel ini sampai akhir untuk menemukan penyebab dan alasannya.

Bahaya Penggunaan Pestisida Berlebihan

Penggunaan Pestisida Dalam Pertanian

Perlu diketahui bahwa dampak pestisida yang berlebihan sebenarnya sudah ada sejak dulu, para petani di selalu diberi peringatan akan hal tersebut. Baik dalam pemberian pada sayuran, buah-buahan, maupun pada tanaman lainnya.

Penggunaan pestisida yang berlebihan bisa memberikan dampak yang negatif dan bisa menjadi ancaman pada ketahanan pangan bagi pengkonsumsinya. Oleh sebab itu, dalam dunia pertanian, perindustrian serta perkebunan para petani tidak dianjurkan menggunakan pestisida secara berlebihan.

Dengan menggunakan perstisida secara berlebihan maka dapat menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan baik dalam pertanian, penurunan produktivitas, terjadinya keracunan pada hewan, hingga keracunan pada manusia. Untuk jenis pestisida yang terbuat dari bahan kimia sebenarnya boleh saja digunakan untuk bertani. Namun dengan tujuan untuk melindungi tanaman dari virus, hama, serta berbagai jenis penyakit tanaman lainnya.

Akan tetapi, kini seiring berjalannya waktu banyak sekali petani yang mengeluh mengenai masalah baru. Akibat dari pemakaian pestisida yang berlebihan maka menyebabkan banyak sekali alasan mengapa petani harus memperhatikan beberapa hal. Berikut ini alasan mengapa para petani sebaiknya tidak memakai pestisida secara berlebihan karena dapat berdampak negatif pada tanaman dan juga manusia yang mengkonsumsinya.

Bahaya Penggunaan Pestisida Berlebihan

Oleh karena itu penggunaan pestisida menjadi hal yang penting untuk diperhatikan oleh para petani yang ingin bercocok tanam. Berikut ini dampak dari pemakaian pestisida secara berlebihan :

1. Predator Alami Tidak Hilang Tapi Berkurang

Contoh saja pada tanaman jambu, dimana ketika menyemprotkan pestisida yang berlebihan pada tanaman tersebut maka hal tersebut mungkin bisa saja menghilangkan ulat yang biasanya mengkonsumsi daun pada tanaman tersebut. Namun sebenarnya hama pada tanaman jambu tersebut tidak hanya ada pada daunya saja, namun ada juga hama jambu yang terdapat didalam buah jambu tersebut.

Oleh sebab itu, walaupun sudah melakukan penyemprotan pestisida pada tanaman hama, maka didalam buah juga akan tetap ada. Maka dari itu bisa dibayangkan sendiri pada saat menyemprotkan pestisida secara berlebihan maka hal tersebut bisa menyebabkan masalah baru lagi bagi yang mengkonsumsinya.

2. Munculnya Hama Baru

Meskipun hama alami pada tanaman akan berkurang, namun ternyata penggunaan pestisida berlebihan akan menyebabkan munculnya hama baru. Maka dari itu, bukan tidak mungkin lagi jika penggunaan bahan kimia pestisida akan lebih ditingkatkan sehingga dapat mengakibatkan penggunaannya menjadi berlebihan.

3. Biaya Perawatan Jadi Lebih Mahal

Dengan berkurangnya hama alami dan muncul hama baru serta penyakit baru pada tanaman tentu dapat mengakibatkan biaya perawatan tanaman menjadi membengkak. Dengan demikian petani tidak boleh memakai bahan kimia seperti pestisida secara berlebihan.

Petani umumnya dianjurkan menggunakan bahan pestisida alami yang jauh lebih aman. Walaupun dalam penggunaannya membutuhkan lebih banyak namun Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak.

4. Tanaman Jadi Rusak

Penggunaan pestisida yang berbahan kimia secara berlebihan tidak akan membuat tanaman yang ditanam menjadi lebih sehat dan segar tapi justru akan membuat tanaman menjadi rusak. Untuk itu para petani sebaiknya memperhatikan penggunaan pestisida tersebut dengan baik.

Untuk ciri – ciri tanaman yang menggunakan pestisida berlebihan biasanya akan muncul bercak pada daun, buah banyak yang rusak, serta terjadinya perubahan warna pada daun.

5. Pertumbuhan Tanaman Tidak Normal

Dalam penggunaan pestisida secara berlebihan tidak hanya akan berdampak buruk pada manusia tapi juga berdampak pada tanaman tersebut karena tidak dapat tumbuh dengan normal. Penggunaan pestisida berlebihan justru akan menyebabkan tanaman menjadi lambat dalam pertumbuhannya, bahkan bisa seperti kerdil.

6. Kandungan Nutrisi Bercampur dengan Pestisida

Pada sebagian tanaman ada yang mempunyai lapisan kulit yang sangat tipis, jadi lebih mudah menyerap berbagai cairan yang ada di atasnya. Jika menggunakan pestisida dengan berlebihan maka cairan pestisida tersebut justru akan lebih mudah diserap oleh tanaman dan akan berdampak pada kandungan nutrisi yang ada pada tanaman tersebut.

Umumnya untuk penggunaan bahan kimia bagi para petani merupakan hal yang lumrah dan wajar. Terlebih lagi penggunaan pestisida saat ini terkesan menjadi cara yang baik dalam mengendalikan hama tanaman yang menyerang.

Dalam hal pengaplikasian ternyata pestisida dianggap lebih mudah, terlebih pada area yang lebih luas dan penggunaan pestisida tersebut bertujuan agar para petani bisa mendapatkan hasil dalam waktu yang relatif lebih singkat.

Namun ada baiknya jika para petani digital mencari cara dalam mengurangi hama tanaman yang baru agar dapat mengurangi dampak penggunaan pestisida dalam tanaman tersebut. Khususnya dalam penggunaannya, para petani umumnya sering menyalahkan aturan dengan alasan sebagai media meningkat daya racun yang ada pada tanaman. Sehingga sering meremehkan dosis penggunaannya.

 

Bagikan artikel ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *