Kegunaan Pasir Beton dan Keunggulan

Kegunaan Pasir Beton dan Keunggulan

Daftar Isi

Kegunaan Pasir Beton dan KeunggulanPada dunia konstruksi ada banyak sekali aspek penunjang yang digunakan untuk membentuk sebuah bangunan. Biasanya terdiri dari sarana dan prasarana, seperti pasir yang tergolong sebagai komponen yang sangatlah penting. Pasir terdiri dari beragam jenis yang dimana salah satu diantaranya adalah pasir beton yang memang sering digunakan dalam pembangunan.

Kegunaan Pasir Beton dan Keunggulan

Pengertian Pasir Beton

Pasir jenis beton merupakan jenis pasir yang terdiri dari butiran-butiran mineral keras dan tajam yang memiliki ukuran sekitar 0,075 sampai dengan 5 mm. Pada umumnya jenis pasir yang satu ini sering digunakan pada pekerjaan cor. Apabila dibandingkan dengan jenis pasir yang lainnya, pasir beton ini sudah dibekali dengan banyak sekali keunggulan.

Beberapa Aspek Pasir Beton

Untuk menghasilkan beton yang memiliki kekuatan optimal, harus ada beberapa aspek atau kriteria yang harus dipenuhi oleh pasir ini, seperti :

  • Pasir beton harus dalam kondisi bersih yang berarti pasir tersebut harus dicuci terlebih dahulu. Dan sebelumnya ada pengujian yang harus dilakukan dulu. Hal ini bertujuan agar jika nantinya dilakukan pengujian menggunakan larutan pencuci khusus tinggi endapan, pasirnya dapat terlihat jika dibandingkan dengan tinggi endapan secara keseluruhan yaitu tidak kurang dari 70%.
  • Pasir beton memiliki kadar butiran yang dapat dilewati melalui ayakan yang setidaknya sekitar 0,063 mm, dan nilai beratnya tidak boleh lebih dari 5%.
  • Pasir beton hendaknya tidak mengandung zat-zat organik, hal ini dikarenakan nantinya dapat mengurangi mutu atau kualitas dari beton yang dihasilkannya. Maka dari itu nantinya pasir harus direndam dengan menggunakan cairan 3% NaOH. Hasil dari cairan di atas endapan tersebut tidak boleh lebih gelap dibandingkan dengan warna larutan pembandingnya.
  • Biasanya pasir beton memiliki tingkat keawetan yang tinggi, sehingga reaksi pasir tersebut terhadap alkali setidaknya harus negatif.

Kegunaan Pasir Beton

Pasir beton merupakan material yang memiliki fungsi atau kegunaan yang berbeda dengan jenis pasir lainnya. Adapun kegunaan pasir beton yaitu sebagai berikut :

  • Pasir beton dapat digunakan untuk menguatkan atau merekatkan material bangunan, yang dibekali dengan ciri khas dari pasir ini yaitu memiliki butiran yang halus. Oleh karena itu pasir beton sering dijadikan sebagai bahan untuk merekatkan komponen maupun material lainya seperti bata, atau dijadikan sebagai campuran kerikil dengan semen.
  • Pasir beton ini dapat digunakan sebagai plesteran dinding rumah. Jika ingin permukaan dinding menjadi lebih halus sebelum dilakukan finishing dan ditutup dengan menggunakan cat.
  • Material ini juga dapat digunakan untuk membuat pondasi pada bangunan. Fondasi ini menjadi bagian yang sangat penting dalam sebuah bangunan. Hal ini dikarenakan pada bagian awal merupakan bagian yang dapat menentukan kualitas dari barang tersebut, sehingga dapat mengetahui apakah bangunan tersebut tahan lama atau tidak, mudah roboh atau tidak. Untuk itu pasir beton ini biasanya dipakai dalam campuran pembuatan bahan pondasi tersebut.
  • Tidak hanya itu saja, pasir sebagai bahan material bangunan ini dapat digunakan juga sebagai bahan pembuatan precast. Yang dimana material yang satu ini sering dijadikan sebagai salah satu komponen utama dalam membuat beton precast. Untuk beberapa proyek yang khusus, ternyata bahan yang berkualitas sangat dibutuhkan agar dapat menghasilkan hasil pengerjaannya yang tahan lama.

Keunggulan Pasir Beton Sebagai Material Konstruksi

Pada umumnya pasir jenis ini dibekali berbagai keunggulan dalam pemanfaatannya pada bidang konstruksi, berikut ini beberapa keunggulan pada material konstruksi :

  • Pasir jenis ini memiliki tingkat kehalusannya tinggi, dan termasuk jenis pasir yang memang memiliki ukuran relatif kecil. Maka dari itu pasir beton ini memiliki tekstur yang sangat halus. Jadi, apabila digunakan sebagai material untuk bahan bangunan, pasir beton ini dapat merekatkan antar material secara optimal dan sempurna. Dengan dipadukan berbagai komposisi yang tepat maka hasil rekatan akan menjadi sangat kuat.
  • Material ini cocok diaplikasikan pada semua bidang konstruksi yang mana sangatlah cocok digunakan untuk semua jenis konstruksi. Penggunaan pasir beton ini pada konstruksi biasanya dimulai dari pembuatan plesteran dinding, lalu untuk campuran bahan pembuatan pondasi rumah. Pasir ini juga dapat digunakan untuk merekatkan bagian bangunan yang lainnya asal komposisi bahan campuran yang digunakan pas. Misalnya seperti pada komponen semennya.
  • Dibekali dengan harganya yang relatif terjangkau jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Karena apabila dilihat berdasarkan harga yang ditawarkan oleh para penjual material memiliki rentang yang cukup murah. Sehingga cocok untuk setiap orang yang ingin membangun rumah sendiri, namun memiliki budget yang terbatas. Ini tentunya tidak salah jika memilih material yang berkualitas.
  • Pasir beton merupakan pasir yang mudah dijumpai karena bukan produk pasir yang terbatas di satu daerah saja seperti pasir merah yang hanya dapat dijumpai di kawasan Jawa Barat. Pasit beton ini dapat ditemukan dengan mudah didaerah manapun, jadi Anda tidak perlu khawtir pada saat akan membeli pasir beton ini. Karena selain mudah dalam mendapatkannya, pasir ini juga memiliki harga yang terjangkau.
  • Dengan menggunakan pasir beton ini, hasil pengerjaannya akan menjadi lebih kuat. Karena tidak dapat dipungkiri jika ternyata pasir yang satu ini bisa memberikan hasil akhir atau finishing yang cukup kuat. Apalagi. Selain itu, dengan dibekali keekonomisan pada pasir ini, maka produk yang satu ini dapat dijadikan sebagai komponen tambahan.
  • Pasir beton merupakan jenis pasir yang mudah digunakan, untuk itu bagi yang ingin membuat beton precast ini sudah tidak perlu khawatir lagi. Hanya dengan membeli material-material yang dibutuhkan, lalu mencampurkan pasir ini maka sudah bisa menghasilkan jenis beton kuat.

Kekurangan Menggunakan Pasir Beton Dalam Konstruksi

Perlu diketahui bahwa selain kelebihan yang ditawarkan, pasir ini juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diketahui. Adapun kekurangan pasir beton ini yaitu :

  • Pasir beton ternyata tidak dapat membentuk gumpalan karena jenis pasir yang satu ini ketika digenggam di tangan akan langsung buyar. Tidak seperti jenis pasir yang lain, apabila dipegang akan membentuk gumpalan. Sehingga pada proses atau pengaplikasian pasir ini membutuhkan waktu yang agak lama untuk menunggu hingga nantinya pengerjaan tersebut bisa benar-benar padat dan siap menjadi material yang pakai.
  • Memiliki warna yang monoton, artinya pasir beton ini tidak seperti pasir merah yang akan menghasilkan warna merah pada bangunan sehingga akan tampak lebih cantik. Sedangkan pasir beton ini memiliki warna yang monoton sebatas abu – abu gelap hingga kehitaman. Hal ini akan membuat hasil pengerjaan dengan menggunakan pasir ini menjadi kurang menarik. Maka dari itu perlu ditambahkan finishing lain untuk meningkatkan estetika pada bangunan tersebut.

Bagikan artikel ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *