Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Daftar Isi

Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan – Teh hijau merupakan salah satu minuman menyehatkan di dunia. Banyak pula ahli kesehatan yang setuju dengan pernyataan ini, karena dalam teh hijau memiliki kandungan senyawa catechin yang sangat berkhasiat. Dalam teh hijau terdapat antioksidan dan catechin yang berguna melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel. Apa saja manfaat teh hijau bagi kesehatan?

Kandungan Teh Hijau

Dalam seduhan teh hijau tidak mengandung lemak, karbohidrat, ataupun protein. Jika minuman ini tidak ditambahkan gula maka tidak memiliki kalori. Kandungan Catechin mampu meningkatkan metabolisme, yang bertugas sebagai antioksidan dan probiotik, serta dipercaya mampu melawan kanker. Bukan hanya antioksidan, teh hijau juga banyak akan vitamin B, termasuk asam folat, mineral mangan, kalium, magnesium, dan juga kafein.

Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Berikut Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan :

1. Melindungi sel tubuh dari kerusakan

Para ilmuwan di Universitas Tufts University telah melakukan pengamatan “ORAC” Oxygen Radical Absorbance Capacity pada teh hijau. Teh hijau menunjukan hasil memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi daripada dengan makanan lainnya. Dengan mengkonsumsi teh hijau sudah terbukti mampu membantu melindungi sel dan DNA tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Dan secara tidak langsung, antioksidan pada teh hijau mencegah resiko penyakit kronis, bahkan menghambat pertumbuhan sel kanker. Kandungan antioksidan di dalam teh hijau juga dapat menetralkan serta memerangi radikal bebas yang ada di dalam darah. Dengan meminum teh hijau, tubuh akan mendapatkan manfaat yang sangat besar.

2. Menjaga kesehatan jantung

Teh hijau sudah dapat dibuktikan mampu melancarkan peredaran darah serta menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah. Selain itu, senyawa aktif pada teh hijau juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Berdasarkan analisis penelitian tahun 2013 mendapati bahwa konsumsi teh hijau mampu mencegah berbagai risiko masalah jantung, mulai dari tekanan darah tinggi sampai gagal jantung kongestif.

3. Melindungi otak dan sistem saraf

Selain jantung, otak juga membutuhkan asupan darah serta oksigen supaya bisa bekerja dengan baik. Nah, teh hijau juga mampu mencegah penyempitan pembuluh darah sehingga mampu melancarkan peredaran darah ke otak. Menurut penelitian di Swiss, mengkonsumsi teh hijau mampu meningkatkan kerja otak bagian yang mengatur daya ingat. Dan, teh hijau pun diklaim bisa menghambat pembentukan plak yang dikaitkan dengan penyakit Alzheimer.

4. Mengontrol kadar gula darah serta mencegah resiko diabetes

Adanya kandungan senyawa catechin pada teh hijau diduga mampu mengendalikan gula darah penderita diabetes. Karena kemampuannya menurunkan kolesterol dan tekanan darah, teh hijau juga dapat mencegah kerusakan akibat makanan yang mengandung lemak. Pada sebuah studi menemukan bahwa seseorang yang minum setidaknya 6 gelas teh hijau setiap hari berisiko lebih rendah untuk mengalami diabetes tipe 2.

5. Membantu mengurangi resiko kanker

Menurut penelitian menyimpulkan bahwa teh hijau mampu memberikan dampak yang penting dalam menurunkan resiko kanker. Meskipun belum ada bukti yang kuat, keefektifannya cukup menjanjikan. Peneliti berpendapat bahwa kandungan polifenol yang ada pada teh hijau mampu membantu membunuh sel kanker serta menghentikan perkembangannya.

Penelitian dilakukan terhadap 472 wanita dengan kanker payudara menunjukkan adanya penurunan kemungkinan kanker payudara. Tidak hanya wanita, teh hijau pun dikatakan memiliki khasiat dalam mengurangi resiko kanker prostat pada pria.

6. Mengurangi stres

Dengan mengkonsumsi secangkir teh hijau maka akan merasakan manfaatnya untuk meredakan stress. Kafein yang terkandung pada teh hijau cenderung lebih rendah dibanding dengan kopi. Menurut penelitian yang dilakukan Sendai’s Tohoku University Graduate School of Medicine, dengan mengkonsumsi teh hijau 5 cangkir per hari bisa menurunkan tingkat stres.

7. Meredakan peradangan dan reaksi alergi

Teh hijau memiliki senyawa yang bertugas sebagai anti mikroba serta anti oksidan, yang dapat meredakan peradangan. Karena itu, teh hijau dinilai cukup mampu meredakan jerawat, dari yang ringan hingga sedang yakni dengan cara meminum teh hijau secara langsung, menjadikannya masker ataupun pembersih muka. Kandungan Antioksidan flavonoid teh hijau mampu mengurangi peradangan akibat reaksi alergi.

8. Mengurangi pembengkakan mata

Beberapa ahli herbal mengklaim bahwa kafein dalam teh hijau mampu mengurangi penampilan mata panda, baik memudarkan warna kehitamannya serta mengempiskan pembengkakannya. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengambil dua kantong teh hijau yang sudah dibasahi lalu kompreslah mata selama 15 sampai 20 menit.

9. Membantu mengatasi infeksi saluran kemih (ISK)

Mengkonsumsi teh hijau sebanyak 2 sampai 3 cangkir dalam sehari dapat membantu membersihkan saluran kemih. Teh hijau dapat untuk mengurangi peradangan saluran kemih. Seseorang yang rutin mengkonsumsi teh hijau memiliki resiko 40 persen lebih rendah untuk terinfeksi ISK.

10. Membantu menjaga berat badan ideal

Zat aktif EGCG yang terkandung di dalam teh hijau memang dianggap dapat mengurangi berat badan, tetapi hingga kini belum ada buktinya. Teh hijau hanya membantu menjaga berat badan agar tetap ideal. Namun, harus menghindari minuman manis dan menggantinya dengan teh hijau. Dibandingkan minum sekaleng soda, lebih baik mengkonsumsi 1 hingga 2 gelas teh hijau tanpa gula yang berarti sudah memangkas 50.000 kalori dan menurunkan 6 hingga 7 kg berat badan.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *