Manfaat Teh Putih dan Penyajiannya

Manfaat Teh Putih dan Penyajiannya

Daftar Isi

Manfaat Teh Putih dan Penyajiannya – Teh putih atau white tea merupakan teh yang berasal dari tanaman Camellia sinesis, sama halnya dengan teh hijau. Namun teh putih dipetik dari daun teh yang muda serta mengalami pemrosesan yang berbeda pula, sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang istimewa.

Teh putih tergolong minuman yang menyehatkan karena memiliki kandungan antioksidan mencapai tiga kali lebih banyak dari pada teh hijau, sehingga teh putih mampu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Manfaat Teh Putih dan Penyajiannya

Manfaat Teh Putih dan Penyajiannya

Berdasarkan studi, teh putih ini mampu membantu mengurangi resiko penyakit jantung, penuaan pada kulit, serta menurunkan berat badan. Nah berikut merupakan penjelasan beberapa manfaat dari teh putih :

1. Mencegah obesitas

Berdasarkan penelitian teh putih dipercaya memiliki efek anti-obesitas, karena ekstrak pada teh putih bisa membantu melarutkan lemak serta menghambat pertumbuhan sel-sel lemak baru di dalam tubuh.

2. Melindungi kulit dari sinar ultraviolet

Manfaat teh putih selain bisa dirasakan dengan cara diminum bisa juga dioleskan pada permukaan kulit. Dengan cara ini, teh putih mampu memperkuat sel kulit sekaligus melindunginya dari paparan sinar ultraviolet yang berbahaya.

3. Mengurangi risiko gangguan jantung

Teh putih memiliki kandungan flavonoid yang baik untuk jantung dan membantu memperlebar pembuluh darah arteri. Selain itu, teh putih juga dapat mengencerkan darah, menurunkan tekanan darah, dan juga menurunkan kolesterol.

4. Memerangi kuman dan mencegah infeksi

Teh putih mampu bekerja lebih signifikan dibandingkan dengan teh hijau karena mampu memerangi kuman, mencegah infeksi, serta dapat meleburkan organisme penyebab penyakit.

5. Melindungi gigi dari bakteri

Teh putih ini memiliki kandungan fluoride, tanin, dan flavonoid. Kandungan yang terbentuk secara alami fluoride pada teh jenis ini mencapai 34% sehingga membuat teh putih ampuh untuk mengurangi karies gigi yang biasanya muncul karena pengaruh sisa makanan dan bakteri.

6. Memperbaiki sel-sel yang rusak

Pada teh putih juga memiliki kandungan antioksidan yang mampu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Teh putih juga sangat manjur untuk mengurangi peradangan pada kulit akibat radikal bebas.

7. Melawan sel-sel kanker

Pada teh putih memiliki kandungan antioksidan yang mampu membunuh dan menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker tertentu di dalam tubuh, misalnya kanker paru-paru dan kanker kolon.

Bagikan artikel ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *