Pengertian Flaw Detector dan Jenisnya

Pengertian dan Jenis Flaw Detector

Daftar Isi

Jenis Flaw DetectorFlaw detector merupakan salah satu perangkat yang digunakan pada sebuah material untuk mendeteksi apakah ada cacat atau rusak. Untuk memecahkan sekian banyak tugas dari pengukuran produk berukuran tipis guna deteksi cacat yang berukuran besar, alat flaw detector ini bisa menjadi solusi bagi pengguna.

Pengertian Flaw Detector dan Jenisnya

Alat flaw detector sendiri biasa diaplikasikan di berbagai bidang seperti pembangkit tenaga termasuk tenaga nuklir, jaringan pipa minyak dan gas, industri komposit dan logam, serta tangki penyimpanan. Alat ini juga bisa digunakan secara umum pada logam, keramik dan plastik yang retak, berongga, dan porositas.

Jenis Ultrasonic Flaw Detector

Bagi pengguna yang memerlukan pengujian dan pengukuran guna standar kualitas produk metal dan nonmetal, baik pengujian keretakan metal, NDT, heat reduction dan sebagainya dapat menggunakan alat flaw detector. Flaw detector sendiri ada beberapa jenis yang dapat digunakan untuk pengukuran tertentu. Lebih jelasnya berikut adalah beberapa jenis ultrasonic flaw detector :

1. Ultrasonik Flaw Detector

Ultrasonik flaw detector merupakan alat pendeteksi keretakan tersembunyi, porositas, void dan diskontinuitas internal lainnya dalam  logam, keramik, plastik dan komposit. Alat ini dapat bekerja dengan proses yang sangat cepat, sehingga pengguna tidak memerlukan prosedur yang panjang untuk mendeteksi sebuah permukaan. Pengguna juga bisa dengan mudah mendeteksi berbagai kekurangan materi dengan perangkat sederhana ini

Prinsip Kerja Ultrasonik Flaw Detector

Dengan memanfaatkan perambatan gelombang ultrasonik yang dikeluarkan oleh transduser pada benda kerja dan kemudian gelombang baliknya ditangkap oleh receiver ini merupakan prinsip kerja dari alat ultrasonik flaw detector. 

Pada umumnya pemeriksaan ultrasonik ini didasarkan pada perbedaan intensitas gelombang yang diterima serta waktu perambatannya, hal ini disebabkan gelombang yang diterima dari alat ini dapat diukur intensitasnya, waktu perambatan atau resonansi yang ditimbulkan.

2. Magnetic flaw Detector

Magnetic flaw detector merupakan salah satu alat yang berguna mendeteksi keretakan dari semua jenis permukaan yang meliputi serpihan, kurangnya sambungan las fusi, air mata, dll pada struktur yang terbuat dari bahan feromagnetik.

Alat ini juga mempunyai dua magnet permanen yang ditempatkan di dalam kerang silinder, kemudian dihubungkan oleh kawat magnet fleksibel, oleh sebab itu bisa dipakai untuk MPI lokasi terpencil, lasan sudut dan produk lainnya dengan berbagai ukuran dan bentuk.

Prinsip Kerja Magnetic flaw detector

Dengan mendeteksi adanya pembentukan medan magnet baru atau medan bocoran yang diakibatkan oleh garis gaya magnet terpotong oleh discontinuity dan menarik partikel magnetic untuk berkumpul di sekitar medan bocoran merupakan prinsip kerja alat ini.

Fungsi Flaw Detector

Dalam bidang yang berhubungan dengan industri, alat flaw detector ini mempunyai fungsi yang dapat membantu memudahkan pekerjaan pengguna. Berikut fungsi alat detektor ini, antara lain :

  • Mampu mendeteksi keretakan permukaan atas dan bawah pada material
  • Mampu mendeteksi kecacatan pada material

Oleh sebab itu dengan adanya alat tersebut pengguna dapat mudah dalam mendeteksi cacat atau keretakan pada sebuah material dengan mudah dan tepat.

Bagikan artikel ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *